Pendidikan Holistik Berbasis Karakter - Melly Latifah

Pendidikan Holistik Berbasis Karakter

Mayoritas program pendidikan di seluruh dunia saat ini menitikberatkan perhatiannya kepada pengembangan aspek kognitif.  Pendidikan holistik adalah pendidikan untuk membentuk anak menjadi manusia yang utuh (holistik) melalui pengembangan tidak hanya aspek kognitif tetapi juga aspek fisik, emosi, sosial, dan spiritual.  Pendidikan holistik juga mengacu kepada lingkungan di mana anak tinggal.  Hal ini berarti bahwa pada pendidikan holistik, anak juga belajar untuk dapat berinteraksi dengan teman dan lingkungannya, selain dengan keluarganya.

Karakter dapat diartikan sebagai akhlak atau kebiasaan baik.  Pembentukan karakter anak ditentukan oleh faktor alami atau fitrah (nature) serta sosialisasi dan pendidikan (nurture).  Setiap anak dilahirkan dengan fitrah kebaikan, namun fitrah ini sulit terwujud tanpa sosialisasi dan pendidikan.  Pendidikan karakter adalah rangkaian upaya untuk membentuk kebiasaan baik atau akhlak mulia.

Berdasarkan pemikiran diatas, Departemen Illmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor bekerja sama dengan Indonesia Singapore Friendship Association (ISFA) menyelenggarakan pendidikan holistik dan karakter untuk anak usia dini yang dikenal dengan sebutan IEL (IPB-ISFA Early Child Education and Development Lab School) yang berlokasi di jantung Kota Bogor dan mudah diakses dari jalan tol Jagorawi dan berbagai area di sekitar Bogor.

Irformasi kurikulum dan fasilitas yang tersedia dapat diketahui lebih lanjut di situs resmi IEL.

1 komentar:

e2 mengatakan...

Sangat membesarkan hati dengan adanya upaya alternatif pendidikan untuk anak usia dini. Mohon pencerahan sedikit, kepanjangan F dalam ISFA itu yang benar Foundation atau Friendship ya?. Di situs resminya digunakan Foundation, tetapi kalau melihat logo ISFA di situs yang sama sepertinya F itu kependekan dari Friendship.

Entri Populer